Rencana Pemindahan Ibukota Dari Jakarta Ke Kalimantan Ini Tanggapan Dewan Sintang

oleh
Tuah Mangasih, Anggota DPRD Sintang

SINTANG – Anggota DPRD Sintang Tuah Magasih merespon positif wacana pemindahan ibukota dari Jakarta ke Kalimantan.

Seperti yang diberitakan dimedia nasional baru baru ini. Presiden Joko Widodo telah membahas perpindahan ibukota negara tersebut lewat sidang kabinet negara bersama para menteri di kantor presiden beberapa waktu lalu.

Salah satu lokasi yang menjadi kandidat paling kuat untuk ibu kota baru ialah Palangkaraya di Kalimantan tengah.

“Kalimantan adalah calon kuat ibukota negara republik Indonesia yang baru. perpindahan ibukota ke Kalimantan tentu akan memberikan dampak positif bagi perekonomian masyarakat setempat,” kata Tuah Mengasih kepada awak media, Kamis (11/05/2019)

Politisi PDIP perjuangan ini mengatakan Kalimantan memiliki cakupan wilayah yang luas dan sangat memungkinkan untuk dijadikan ibukota negara republik Indonesia yang baru . Meski Kalimantan Barat tidak masuk dalam salah satu opsi lokasi alternatif pemindahan ibukota. Dia yakin Kalimantan barat tetap akan menjadi daerah yang merasakan dampak positif pemindahan ibukota tersebut.

“Walaupun ini baru rencana tapi kita sangat menyambut baik dan mendukung pemindahan ibukota negara ke Kalimantan, perpindahan itu akan memberikan dampak bagi percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di ibu kota baru dan sekitarnya, termasuk Kalimantan Barat,” kata Tuah.

Tuah yakin perpindahan ibukota juga akan memberikan dampak pada pembangunan di daerah Kabupaten Sintang. Perpindahan tersebut akan berkontribusi dalam mempercepat pembangunan karena Kalimantan barat bersebelahan dengan daerah yang memegang label ibukota. Maka dari itu, dia berharap Pemerintah Kabupaten Sintang menyiapkan diri menghadapi rencana pemindahan ibukota negara tersebut.

“Supaya pada saat terealisasi kita juga sudah siap, karena Kabupaten Sintang memiliki potensi yang luar biasa yang masih dapat dikembangkan seperti sektor pariwisata. ” pungkasnya. (TS)