Sering Terjadi Kebakaran, Dewan Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

oleh

SINTANG- Delapan rumah toko (Ruko) yang berada di Jalan Patimura, Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang terbakar pada Minggu (9/6/2019) sekitar pukul 01.15 dini hari tadi.

Delapan unit ruko tersebut diantaranya Rumah Makan Swity, Bengkel Sepeda, Bengkel Motor, Toko Bangunan, Toko Kaset dan Warung Kopi. Meski tidak menelan korban jiwa, musibah kebakaran menyebabkan kerugian materil miliaran rupiah.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran pada Satpol PP dan Damkar Kabupaten Sintang, Yudius mengatakan setelah mendapat informasi adanya kebakaran pihaknya menerjunkan kekuatan penuh ke lokasi untuk menjinakan api.

“Mendengar informasi kebakaran, kita pemadam Kebakaran Pemerintah Daerah Sintang dibantu Buserra, cepat datang ke lokasi sehingga api tidak merembes ke ruko lainnya. Saat tim kita tiba api sudah besar melahap beberapa ruko, sehingga kami fokus mengamankan ruko yang berdekatan atau sejajar dengan ruko yang terbakar,” ungkapnya.

Respon cepat petugas Damkar ini mendapat apresiasi dari Anggota DPRD Sintang, Hikman Sudirman. Menurutnya apabila petugas terlambat keganasan api bakal melahap ruko lainnya yang berdekatan.

“Ya kinerja mereka kita acukan jempol, mereka berhasil menjinakan api sehingga tidak menjalar ke ruko lainnya. Mereka sudah berusaha keras, kalau mereka tidak sigap mungkin lebih dari delapan ruko yang terbakar,” bebernya.

Ruko yang terbakar ini dekat dengan sumber air karena berada tepat dibibir sungai kapuas. Sumber air yang cukup memudahkan petugas menjinakan api. Kendati demikian Politisi Demokrat ini juga mengaku prihatin dengan peristiwa kebakaran tersebut.

“kebakaran ini adalah musibah yang bisa saja terjadi diluar dugaan kita, semoga mereka tabah menghadapi cobaan ini,”ucapnya.

Dia juga mengingatkan masyarakat sekitar untuk terus meningkatkan kewaspadaan agar kejadian kebakaran tidak terjadi kembali.

“Mudah-mudahan dari kejadian ini, masyarakat bisa waspada dan lebih berhati-hati. Jika meninggalkan rumah, pastikan aliran listrik dan gas aman agar tidak terjadi kebakaran,” pungkasnya. (TS)