Sintang Cocok Jadi Sentra Pengembang Sapi

oleh

SINTANG – Kabupaten Sintang memiliki potensi yang bisa melakukan swasembada sapi. Sebab, hingga kini kebutuhan sapi masih didatangkan dari Kalimantan Tengah. Padahal, Sintang sendiri memiliki wilayah yang cukup luas untuk jadi sentra peternakan sapi.

Anggota DPRD Sintang Hamzah Sopian mengatakan wilayah yang sangat luas dan masih banyak hutan hijau menjadi potensi tersendiri bagi Sintang untuk mengembangkan ternak sapi.

“Sektor peternakan menjadi salah satu yang sangat potensial untuk dikembangkan. Terutama, karena daerah ini masih mengandalkan pasokan dari daerah lain untuk mencukupi kebutuhan daging seperti daging sapi menjelang hari raya,”katanya.

Menurutnya untuk bisa menyediakan kebutuhan daging sapi bagi masyarakat dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah dengan peternak. Sebab, tanpa kolaborasi keduanya, kebutuhan yang ada tidak akan bisa terpenuhi.

“Apalagi sejauh ini kita masih mendatangkan sapi dari luar daerah Sintang. Padahal Sintang sendiri memiliki potensi jadi sentra perternakan sapi. Nah ini yang harus menjadi perhatian kita bersama,”jelasnya.

Selain itu Politisi PAN ini mengharapkan adanya dukungan dari pemerintah maupun masyarakat untuk bisa besinergi mengembangkan ternak sapi di Kabupaten Sintang, sehingga kedepan pasokan sapi tercukupi menjelang hari raya.

“Saya kira apabila potensi daerah ini bisa diseriusi untuk dikebnagkan bukan tidak mungkin Sintang bisa menjadi salah satu daerah yang bisa mengimpor ke luar daerah,”harapnya.(OK)