Syahroni: Pengadaan Pustu di Desa Gandis Hulu Berawal dari Aspirasi Masyarakat

oleh
Peresmian Pustu di Gandis Hulu

SINTANG – Ketua Komis A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Syahroni menyampaikan bahwa pengadaan Pustu ini berawal dari aspirasi masyarakat Desa Gandis Hulu dalam Musrembang.

Pengadaan Puskesmas Pembantu (Pustu) memang kebutuhan mendasar jugalah fasilitas kesehatan ini di masyarakat. Kondisi di desa gandis hulu ini belum ada fasilitas kesehatan yang dekat dengan mereka, kata Syahroni.

Lanjut Syahroni, akses jalan mereka ke ibukota kecamatan juga kadang kurang baik, ketika banjir mereka juga terhalang, Sehingga pada penganggaran tahun 2018 kemarin kita di DPRD mengalokasikan dana untuk membangun pustu ini. Kita bekerja sama dengan dinas terkaitlah ya, paparnya lebih rinci.

“Kita harapkan hadirnya pustu ini dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Desa Gandis Hulu. Mudah-mudahan masyarakat dengan adanya bantuan kita pun dapat memelihara dan menjaga bangunan ini dengan baik,” harap Syahroni.

Sementara itu, Bupati Sintang, Jarot Winarno saat meresmikan Pustu, Minggu (24/03/2019) tersebut menyataan bahwa, dana DAK penugasan, regular, maupun afirmasi bertahun-tahun ini tidak boleh untuk membangun Pusdes, Puskesdes, maupun Pustu, sehingga pembangunan Pustu baru bertumpu pada Dana Alokasi Umum (DAU).

“Pembangunan pustu ini sangat bermanfaat buat masyarakat, dengan adanya Pustu ini lebih dekatlah pelayanan kesehatan kepada masyarakat kita. Kan dalam indeks pembangunan desa dalam bidang kesehatan itu bunyinya ‘dalam waktu kurang dari 30 menit masyarakat desa harus sudah bisa menemukan fasilitas kesehatan’ itualah yang mau kita penuhi,” kata Jarot.

Lanjut Jarot, fokus kegiatan di Pustu itu, sifatnya yang kuratif dan pengobatan bolehlah. Rehabilitasi jugalah, misalnya orang dengan stroke pulang berobat dari Sintang, cek up nya di sini, tapi yang paling penting adalah kegiatan preventif dan promotif, Kesehatan ibu dan anak, terutama saat ini kita lagi rame-rame lakukan pemberantasan stunting,” terangnya.

Jarot mengatakan bahwa pembangunan Pustu Gandis Hulu ini sepenuhnya belum selesai, Ada tiga hal yang menjadi catatannya pertama belum adanya instalasi listrik, kedua air bersih dan ketiga furniture pendukung layanan.

“Nanti kita sama-sama anggota dewan, kita usahalah bersama-sama untuk melengkapinya supaya lancar operasionalnya,” kata Jarot.

Kepala Desa Gandis Hulu, Hizra Firmasyah atas nama masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kabupaten maupun Anggota DPRD Sintang atas bantuan fasilitas kesehatan tersebut. Ia berharap akan ada perbaikan kesehatan bagi 700 lebih masyarakat yang dipimpinnya itu.

“kami berharap kepada kepala dinas dan kepala puskesmas agar petugas yang ditempatkan di pustu ini dapat melayani dan berkomitmen dengan masyarakat di Gandis Hulu ini,” kata Firman.

Selain itu ia jiga mengharapkan kepada masyarakat, untuk dapat bekerja sama dengan petugas yang nantinya akan bekerja di sini. Selain itu kita bersama menjaga bangunan pustu ini, ini milik kita bersama, agar pelayanan kesehatan ditempat kita dapat berjalan dengan baik dan lancar,” pintanya.(*)