Tiga Faktor yang Jadi Fokus di APBD Perubahan 2022 Sintang

oleh
Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny.

SINTANG, KN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Florensius Ronny berharap Anggaran Pendapatan Belanja (APBD) Perubahan tahun 2022, dapat memulihkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan fisik dan non fisik.

“Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp 1,9 triliun. Itu diakibatkan ada silpa tahun 2021 sebanyak 180 miliar. Jadi kalau murni 2022 sendiri, 1,7 triliun, ditambah silpa ada 1,9 triliun,” ujar Ronny belum lama ini.

Ronny mengatakan, ada tiga fokus utama dalam APBD perubahan ini, mulai dari pemulihan ekonomi pasca pandemi, perbaikan infrastruktur dan pengendalian inflasi. Apalagi saat pandemi beberapa pekerjaan fisik terkendala dan menjadi Silpa.

“Maka kemarin kita perioritaskan badan anggaran bersama TAPD itu mengembalikan kegiatan yang tertunda pada saat pandemi. Misalnya, kondisi jalan se Kabupaten Sintang banyak rusak, maka kita banyak alokasikan anggaran untuk penanggulangan infrastruktur,” ujar Politisi muda ini.

Ronny juga menjelaskan, selain itu, anggaran perubahan juga diperuntukkan untuk program pengendalian inflasi, seperti operasi pasar, BLT termasuk bantuan untuk penyandang disabilitas.

“Jadi ada puluhan miliar kita alokasikan untuk pengendalian inflasi,” terang Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.

Dijelaskannya pula, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang, mendapatkan tambahan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 10,66 miliar dari Kementrian Keuangan. Tambahan dana ini diberikan atas penghargaan kinerja tahun anggaran 2022 yang mendapatkan pencapaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 10 tahun berturut-turut.

“70 persen untuk operasi pasar murah dan blt, sisanya sekitar 30 persen kegiatan padat karya. Kita yakin tepat sasaran,” terangnya.

Ronny pun berharap, apa yang telah ditetapkan tersebut dapat terwujud sesuai dengan apa yang menjadi harapan bersama.

“Mudahan semua berjalan sesuai apa yang telah kita tetapkan ini. Tentu kita juga harus bekerja semaksimal mungkin untuk mewujudkannya,” pungkasnya. (pul)