Tuah: Mencegah Lebih Baik dari Mengobati

oleh
oleh

SINTANG, KN – Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda), dalam hal ini instansi terkait dapat bergerak aktif untuk melakukan pencegahan penyakit yang diakibatkan peralihan musim seperti saat ini.

Sebagaimana diketahui, setelah dilanda kemarau panjang, Kabupaten Sintang kali ini terus diguyur hujan hampir setiap harinya. Peralihan musim ini pula, membuat masyarakat sangat retan terhadap penyakit, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan lain sebagainya.

“Mencegah lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, saya minta segera lakukan pencegahan, sebelum masyarakat kita menderita penyakit yang diakibatkan dampak dari musim hujan ini,” ujarnya, kemarin.

Pencegahan tersebut, kata Tuah bisa dengan menyebarkan imbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan, seperti membersihkan pekarangan trumah, got (selokan) dan lain sebagainya.

“Terkadang masyarakat kalau tidak diiumbau akan sulit. Makanya itu perlu dilakukan, mulai dari imbauan Bupati kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan hingga ke jenjang yang paling bawah, Camat, Kepala Desa hingga ke masyarakat,” terangnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga mengatakan, imbauan tersebut harus menyeluruh, jangan hanya di kota saja. Selain itu, masyarakat dimintanya juga harus akitf dalam menjaga lingkungannya agar tetap bersih.

“Jangan menunggu pemerintah saja, karena kebersihan itu tanggung jawab bersama. Kalau melihat got mampet, pemerintah yang disalahin. Coba bergotong-royong agar sampah itu dibuang, agar tak mampet lagi,” pungkasnya. (*)