Bupati Fransiskus Diaan Bersama DPC PDI Perjuangan Gelorakan Semangat Tanam Pohon

oleh
Foto: Momen Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan bersama DPD dan DPC PDIP mengadakan acara penanaman pohon.

KAPUAS HULU – DPC PDI Perjuangan Kapuas Hulu kembali gelorakan semangat menanam pohon yang diselenggarakan di Desa Teluk Sindur Kecamatan Putussibau Selatan. Jumat, (16/04/2021)

Gerakan menanam pohon yang diinisiasi oleh para kader Banteng di Kapuas Hulu termasuk Bupati Fransiskus Diaan merupakan rangkaian dari HUT PDI Perjuangan ke 48.

Hal ini juga  merupakan spirit menjaga alam dan kesadaran ekologis yang kemudian diterjemahkan oleh PDI Perjuangan menjadi narasi politik hijau.

Rangkaian acara tersebut diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan sambutan ketua DPC Perjuangan Kapuas Hulu, Yanto.

Dalam sambutannya, Yanto menerangkan, bahwa gerakan menanam pohon di Desa Teluk Sindur Kecamatan Putussibau Selatan merupakan kegiatan secara berkelanjutan dan berkesinambungan.

“Hal ini juga merupakan kesadaran serius kader-kader PDI Perjuangan dalam upaya menjaga dan merawat alam. Karena bumi semakin tua. Kerusakan lingkungan akan berdampak pada perubahan iklim secara cepat. Ini akan berdampak juga pada bencana alam jika kita tidak punya kesadaran untuk merawat lingkungan,” terang Ketua DPC PDI Perjuangan Kapuas Hulu tersebut.

Menurut Yanto, untuk gerakan penanaman pohon ini, lokasi sudah disiapkan dan bibit durian dibawa langsung dari Jakarta yang di mana akan ditanam di lokasi yang sudah disiapkan.

“Kegiatan ini menjadi motivasi bagi kita semua, karena kegiatan ini merupakan bentuk konkret PDI Perjuangan dalam upaya menjaga dan merawat alam juga mempertahankan kehidupan antara masyarakat dan alam di Kapuas Hulu,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan yang juga merupakan kader PDI Perjuangan.

Fransiskus Diaan  dalam momentum tersebut menyampaikan sangat menyambut baik dan mengapresiasi PDI Perjuangan Kapuas Hulu yang memiliki semangat merawat alam.

“Kegiatan penanaman pohon sangat penting bagi manusia dan lingkungan, karena saat ini di beberapa bagian negara mengalami Global warming (Pemanasan Bumi) dan ini sangat cepat berdampak pada perubahan iklim yang tidak menentu,” ucapnya.

Selain itu, selaku Kepala daerah, Fransiskus Diaan menghimbau kepada masyarakat untuk selalu Menjaga lingkungan dan hutan yang ada di Kapuas Hulu.

“Pemerintah Kabupaten Kapuas hulu juga berharap, agar kegiatan merawat alam dengan cara menanam pohon ini tidak hanya dilakukan oleh PDI Perjuangan, tetapi hal ini harus  menjadi semangat hidup masyarakat. Karena kita hidup bersama dengan alam, maka kita wajib menjaga kelestariannya,” tegas Fransiskus Diaan.

Pada kesempatan yang sama juga Bupati Kapuas hulu menyampaikan kepada Ketua Komisi V DPR-RI, Lasarus agar bisa bersama dalam semangat gotong royong untuk membangun Kapuas Hulu.

“Saya juga berharap kepada Pak Lasarus selaku ketua komisi V DPR RI untuk dapat membantu kami dalam membangun Kabupaten ini. Kami berharap agar Pak Lasarus bisa membantu kami dalam segi anggaran yang bisa kita upayakan untuk pembangunan Kapuas Hulu yang lebih baik,” tuturnya.

Sementara, Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat Bapak Lasarus, yang juga merupakan ketua komisi V DPR RI menyampaikan,  bahwa kegiatan menanam pohon merupakan gerakan moral politik PDI Perjuangan secara nasional untuk merawat lingkungan.

“Kegiatan ini bukan hanya kegiatan seremonial, tetapi  kegiatan hari ini bagian dari contoh konkret dari kita untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan bumi sebagai rumah bersama seluruh makhluk hidup,” ujarnya.

“Narasi ekologis yang ditawarkan oleh PDI Perjuangan dengan gerakan moral politik hijau adalah merupakan kesadaran terdalam untuk mencintai dan merawat alam,” kata ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat tersebut. (ygn)