TNI, Polri dan Pemkab Bersinergi Bagikan Masker Gratis

oleh

Melawi, KN – Berbagai pihak terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Melawi. Tak hanya menyebarkan selebgram tentang himbauan, namun pembagian masker secara gratis juga terus di galakan. Seperti yang dilakukan pada Senin (2/11/2020), TNI, Polri dan Pemkab Bersinergi bagikan masker di seputaran pasar kuliner, tepatnya di depan Pos Lantas.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto saat membagikan masker. (Ist)

Sebanyak ribuan masker yang diberikan merupakan bantuan TNI dalam rangka pencanangan satgas desa tangkap Covid-19 di wilayah hukum Kodim 1205 Sintang, guna mewujudkan desa mandiri sehat. Terlihat para petinggi yang tergabung di Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda).
Pada acara tersebut Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto menyampaikan, untuk saat ini sehat memang mahal dan jadi hal yang penting sehingga kita harus lebih waspada dalam menjaga diri ditengah meningkatnya kasus Covid-19 di Kabupaten Melawi.
“Polres Melawi siap mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI, Pemkab Melawi dalam upaya menekan angka penyebaran dan penularan Covid-19 di Kabupaten Melawi. Saat ini jumlah kasus Covid-19 sangat banyak, untuk itu kita perlu mengedukasi masyarakat dalam melaksanakan gerakan 3 M,” paparnya.
Sigit juga mengajak seluruh anggota Satgas Covid-19 untuk terus bersama – sama dalam mengedukasi masyarakat agar lebih sadar akan bahaya Covid-19.
Ditempat yang sama, sambutan LO Kodim 1205/Sintang, Mayor Arm. Eddy Winarno mengatakan Pademi Covid-19 merupakan masalah kita bersama yang hingga sampai saat ini masih menjadi Bencana Nasional Non Alam. Dalam hal ini Kodam XIl/Tpr merupakan kompartemen strategis TNI AD yang sekaligus tergabung sebagai Komando Tugas Gabungan Terpadu mempunyai visi melaksanakan percepatan dalam rangka penanganan Covid-19. Koopsdam XIl/Tpr selaku penanggung jawab pelaksanaan Satgas Covid-19 bersama seluruh komponen masyarakat di wilayah Provinsi Kalbar dan Kalteng sudah melaksanakan beberapa langkah-langkah dalam menekan jumlah terkonfirmasi Covid-19 diantaranya dengan melaksanakan sosialisasi protokol kesehatan, melaksanakan gerakan pendisiplinan di tiap-tiap wilayah, melaksanakan Lomba Desa Mandiri Sehat di wilayah Kalbar dan Lomba Desa Sehat di wilayah Kalteng.
“Kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 dalam rangka penanggulangan penyebaran Covid-19 merupakan bagian dari pelaksanaan Bhakti TNI untuk menangani masalah-masalah sosial dan kemanusiaan, yang dilaksanakan bersifat fisik maupun non fisik. Kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga diharapkan dapat terjadi perubahan status menjadi daerah zona hijau baik di wilayah Kalbar maupun Kalteng,” ujarnya.
Berkenaan dengan itu, katanya, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2020, Kodam XIl/Tpr memanfaatkan momentum ini dengan melaksanakan kegiatan Pencanangan Satgas Desa Tangkal Covid-19 secara serentak di seluruh wilayah jajaran Kodam Xil/Tpr. Melalui kegiatan ini dapat dijadikan stimulus bagi Satgas Covid-19 disetiap desa guna mewujudkan masyarakat produktif dan aman Covid-19.
“Penerapan adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 tetap harus berpedoman pada protokol kesehatan yaitu, memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Oleh karena itu, saya mengajak kepada kita sekalian untuk hidup lebih sehat dengan secara terus menerus menegakkan disiplin protokol kesehatan,” ajaknya.
Sementara, Pjs. Bupati Melawi, Linda Purnama, mengucapkan apresiasi kepada Pangdam XII/Tanjungpura, Dandim 1205/Sintang dan jajaran yang telah melakukan kegiatan strategis dimana saat ini di Kab. Melawi terjadi lonjakan kasus Covid-19. “Bersamaan dengan kegiatan ini mari kita mengkampanyekan kegiatan Lawan Covid-19 dari seluruh komponen masyarakat di Kab. Melawi dengan cara mendisiplinkan protokol kesehatan,” ucapnya.
Pjs Menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat dengan adanya lonjakan kasus Covid-19, maka garda terdepan yaitu tenaga medis rentan tertular Covid-19. “Mari kita bersama membantu tenaga medis dalam memberikan Vitamin dan APD yang memadai sehingga para tenaga medis dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pasien,” pungkasnya. (Dir)